RSS

Es Campur Pa Oyen 18 Sukajadi, Bandung

Udah lama pengen kesini, padahal tempatnya ga jauh-jauh amat, pinggir jalan juga. Tepatnya di Jl. Sukajadi No. 8 Bandung. Kalo dari terminal Ledeng, buat kamu yang naek angkutan umum kamu bisa naek Damri, dulu jauh dekat harganya Rp. 2.000; (non AC) sekarang udah naek jadi Rp. 4.000;. Lokasinya sebelah kiri jalan kalo dari Ledeng, hampir di ujung pasar Sukajadinya. akhirnya kesampean kesini bareng mamah, kebetulan mamah ke Bandung, jadi deh nguliner dulu hhii. Pas masuk ternyata tempatnya ga terlalu gede, bisa dibilang sempit, ada 2 lantai tapi penuh dengan pelanggan.

Ga mikir lama, aku sama mamah langsung pesen es campur spesial duren. Karena aku suka banget duren, ga kecewa lah dengan harga Rp. 17.500; kamu bisa dapet 1 mangkuk es campur spesial duren. Di dalemnya ada 3 buah duren lokal yang wangi dan manisnya cukup dengan beragam isian es campur. Di siang hari cucok buat makan es, tapi buat aku ga masalah sih hihi soalnya waktu itu cuacanya mendung dan kebetulan memang sekarang lagi musim ujan.

IMG_20150129_181814

IMG_20150129_182123

 
Leave a comment

Posted by on February 3, 2015 in Foto-Foto

 

Tags: , , ,

Three Bears Cafe, Bandung

Kuliner kuliner kuliner,,,ga ada habisnya kalo ngomongin kuliner. Nyobain menu makanan ataupun minuman yang baru, enak, aneh, apalagi cuco buat di foto adalah tujuan gue haha. Mungkin nanti aku bakal susah buat kuliner kaya gini, soalnya sekarang aku udah ga tinggal di Bandung lagi hiks hiks. Hari itu aku emang berniat buat kuliner bareng temen yang udah ngerecommended buat nyoba ke 3 Bears Cafe yang berada di Paskal Hypersquare Bandung. 3 Bears Cafe ini baru dibuka 3 bulan yang lalu, 3 November 2014. Sebenernya penasaran apa sih yang ada disana, ternyata konsep cafe ini adalah Korean Japanese Fusion Food. Korea emang selalu bisa bikin orang Indonesia suka.

1422781299333.

Dari pintu masuk Paskal Hypersquare, kamu tinggal belok ke kiri dan disana udah langsung terpangpang 3 Bears Cafe. Aku kesana sekitar pukul 11.00 dan ternyata pelanggan udah cukup banyak juga. Lantai 1 penuh, kami ditanya terlebih dahulu untuk berapa orang, karena berdua kami ditempatkan di meja yang kapasitasnya 3 orang yang ada di lantai 2. Dari depan, masuk ke lantai 1, ke lantai 2, semuanya pasti ada gambar beruang, membuat ruangan jadi cute n sweet dengan dekorasi beruang-beruang besar. Setelah dapet tempat duduk aku langsung pesen bing soo green tea dengan harga Rp. 37.000; dan ramen burger Rp. 38.000;. Mahal sih sebenernya, tapi lebih mahal lagi kalo bikin sendiri kayanya hihi. Selagi ada uang (yang penting ga minta ke ortu) lebih baik manfaatkan buat makan enak😀

bingsoo_greentea1

Bing soo green tea itu ibarat es campurnya orang Korea, untuk bing soo kamu tinggal pilih ada yang green tea, mango, strawberry cheesecake. Bing soo green tea ini disajikan di mangkuk bening bulat yang gede kaya aquarium gitu dengan banyak isiannya dan disampingnya ada 1 gelas kecil susu cair untuk dituangkan ke dalam bing soo green tea sesuai dengan keinginan kita. Makin lama es serutnya makin cair dan itu bikin makin enak loh, green tea nya kerasa dan 1 lagi,, KENYANG, yaiyalah minum es segede gitu. Hhi

Processed with VSCOcam with c1 preset

Buat ramen burger nya sih kita patungan dan untung patungan, soalnya pas pelayannya nganterin pesenan kita ternyata ramen burger nya kecil. Kecewa sih soalnya ekspektasi aku itu gede kaya di menu hha. Ramen burgernya disajikan dengan semacam saus atau kecap asin gitu, ga perlu dicocol ke sausnya menurut aku burgernya udah asin hhi. Oya beef nya juga terlalu kering.

Processed with VSCOcam with c1 preset

Buat yang kesana pake mobil pribadi, Cuma ngasih info aja parkir perjam nya yaitu Rp. 3.000; soalnya waktu kemaren kesana kita kena Rp. 9.000 lumayan. Oya di 3 Bears Cafe jangan lupa ada tax n service charge nya juga.

 
Leave a comment

Posted by on February 3, 2015 in Foto-Foto

 

Tags: , , ,

De Ranch Lembang

Lembang memang tempat yang ga ada habisnya buat kita-kita yang suka jalan-jalan. Ga hanya kuliner, tempat wisatanya pun banyak disini, walaupun Lembang adalah Desa tapi dengan luasnya, udaranya yang dingin dan lokasinya yang strategis selalu menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan. Salah satu tempat wisatanya yaitu De Ranch, dengan alamat di Jl. Maribaya No. 17 Lembang, Jawa Barat. Tempat ini memberikan suasana peternakan kuda ala-ala cowboy dengan pemandangan pegunungan yang indah, rerumputan hijau yang luas bisa untuk bersantai bersama keluarga tempat bermain anak, tempat makan yang menjual aneka makanan, dan kamu juga bisa menikmati area ini dengan menunggang kuda dan memakai kostum ala cowboy. Tapi aku belum pernah nyobain nunggang kudanya, waktu itu sih tarifnya Rp. 25.000; gatau nih sekarang udah naek lagi kayanya.

Setelah dihitung ternyata aku udah 4 kali dateng ke De Ranch Lembang ini, ckckck. Ga bosen apa yah ini si aku?hhaa bosen sih bosen, tapi buat foto-foto ga ada bosennya😀

Pertama kesini pas lagi kuliah sama temen-temen (geng ceritanya) hhee (Junia, Kiki & Susi) ceritanya mau observasi ke daerah Maribaya karena lokasinya ga jauh jadinya sekalian deh, kedua sama temen-temen PLP ngadain kegiatan outbond yang kebetulan juga tempat PLP kita ga terlalu jauh dari sini, ketiga bareng keluarga tapi anak mudanya aja hhe kebetulan pas libur Idul Fitri dan yang keempat bareng Ema, temen SMA, kita lagi bosen di rumah (baru lulus akunya) pulang dari Kebun Begonia langsung caw ke De Ranch & soalnya dia belum kesini jadilah si aku tourgate-nya hha. Dari pertama dateng sampe yang keempat ini, untuk tempat sih ga ada perubahan, yang berubah yaitu tiket masuknya. Pertama masih Rp. 5. 000 ; sekarang udah naek jadi Rp. 8.000;. 1 tiket masuk bisa dituker sama 1 susu aneka rasa, rasanya gimana stoknya juga sih. Oya kalo kesini dilarang bawa makanan dari luar, tapi selama ga ketauan sih no problem hha.

Buat kamu-kamu yang mau ngerasain suasana peternakan kuda, tapi aku sih lebih condong buat foto-fotonya aja hha kamu bisa cobain dateng kesini. Ga lupa ini foto-foto aku dari yang pertama dateng sampe yang keempat kalinya aku kesini. Hhii just share

2013-04-02 12.58.1420140427_102233

IMG_8718.

20150108_154619.

 
Leave a comment

Posted by on January 22, 2015 in Foto-Foto, Objek Wisata

 

Tags: , , , , ,

Setetes Darahmu Nyawa bagi yang Membutuhkan, Ayo Donor Darah Guys!^^

Donor darah merupakan kegiatan social yang mulia dengan berbagi atas darah yang kita miliki untuk orang yang membutuhkan. Karena dengan mendonorkan sebagian darah yang kita miliki berarti kita telah menolong seseorang yang dilanda ancaman kematian. Banyak orang takut sehingga enggan untuk melakukan donor darah padahal donor darah memiliki banyak manfaat baik untuk penerima donor maupun bagi kita sang pendonor. Aku udah jadi pendonor sejak tahun 2009, tapi sempet vakum selama 2 tahun. Hhe jadinya sekarang baru 12 kali aku ngedonor. Aku cuma ingin ngasih tahu aja buat para pembaca, bahwa engga ada ruginya dengan kita melakukan donor darah, malah sebaliknya kita mendapatkan keuntungan dari setiap tetes darah yang kita berikan lho. Dibawah ini kalian bisa simak apa itu donor darah, manfaat, dan hukum dari donor darah itu sendiri. Semoga semakin bertambah orang yang mau menyumbangkan darahnya untuk membantu sesama.^^

donor-darah

Pengertian Transfusi/ Donor Darah

Sumber : Tafany in Masail Fiqhiyah, tersedia: http://tafany.wordpress.com/2009/03/22/hukum-donor-darah/

Transfusi darah atau blood transfution (bahasa Inggris) adalah memindahkan darah dari seseorang kepada orang lain dalam rangka menyelamatkan jiwanya. Darah adalah jaringan cair yang terdiri dari dua bagian, yaitu cairan yang disebut dengan plasma dan  sel darah.

Jadi, secara keseluruhan darah manusia kira-kira seperdua belas dari badan atau ditaksir sekitar lima liter. Dengan rincian  persen berbentuk cairan atau plasma dan persen sisanya adalah sel darah yang terbagi lagi menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan butir pembeku (trambosit). Yang dimaksud dengan plasma darah adalah cairan yang berwarna kuning dan mengandung cairan yang berwarna kuning dan mengandung 91,0 persen air, 8,5 persen mineral, dan 0,1 persen sejumlah bahan organik seperti lemak, urea, asam urat, kolesterol, dan asam amino.

Unsur kedua dari darah manusia adalah sel darah merah. Sel darah merah memerlukan protein dan zat besi. Dalam hal ini, wanita lebih membutuhkan zat besi dalam kadar yang tinggi karena sebagiannya terbuang ketika menstruasi dan zat besi diperlukan lebih banyak bagi wanita untuk perkembangan janin dan pembuatan air susu. Unsur ketiga dari darah manusia adalah sel darah putih.

Dalam pelaksanaan transfusi darah, hal yang penting dan harus dicermati oleh pihak medis adalah golongan donor darah (yang menyumbangkan darah) dan golongan darah resepien (penerima darah). Golongan darah manusia terdiri dari golongan AB, A, B, dan O. Hal ini dimaksudkan agar ada kecocokan antara donor dengan resepien karena antara golongan donor darah dengan resepien tidak semua bisa saling memberi dan menerima. Berikut ini, komposisi golongan darah manusia secara medis, yaitu:

  1. Dilihat dari donor, yaitu:
  2. Golongan darah AB dapat memberi kepada AB.
  3. Golongan darah A dapat memberi kepada A, dan AB.
  4. Golongan darah B dapat memberi kepada B, dan AB.
  5. Golongan darah O dapat memberi kepada semua golongan darah.
  6. Dilihat dari resepien, yaitu:

a.. Golongan darah AB dapat menerima semua golongan.

  1. Golongan darah A dapat menerima kepada golongan darah A, dan O.
  2. Golongan darah B dapat menerima kepada golongan B, dan O.
  3. Golongan darah O hanya dapat menerima kepada golongan darah O.

Fungsinya

Masing-masing unsur darah dalam tubuh kita memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Plasma darah berfungsi untuk perantara penyaluran makanan, lemak, dan asam animo ke jaringan tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk mengangkut bahan buangan seperti urea, asam urat, dan sebagian karbon dioksida, menyegarkan cairan jaringan tubuh dimana melalui cairan ini semua sel tubuh dapat menerima makanan.

Sel darah merah bekerja sebagai system transport dari tubuh, mengantar semua bahan kimia, oksigen, dan zat makanan yang diperlukan oleh tubuh, menyingkirkan karbon dioksida dan hasil buangan lainnya serta mengatur panas ke seluruh tubuh.

Sel darah putih berfungsi untuk mengepung daerah yang terkena infeksi atau cidera, menangkap organisme hidup dan menghancurkannya, menyingkirkan kotoran, menyediakan bahan pelindung tubuh dari serangan bakteri. Fungsi ini berhubungan dengan fungsi sel pembeku (trambosit), yaitu membekukan darah yang keluar dari anggota tubuh yang terluka atau cidera, sehingga darah tersebut dapat tertahan.

Setelah memahami fungsi darah bagi tubuh manusia. Maka manusia tidak dapat hidup tanpa darah karena semua jaringan tubuh memerlukan darah. Otak manusia membutuhkan darah yang mencukupi dan teratur. Jika tidak menerima darah dalam tempo lebih dari empat menit, maka sel otak akan mati.

Jenis Donor Darah

Ada dua macam donor darah yaitu :

  1. Donor keluarga atau Donor Pengganti adalah darah yang dibutuhkan pasien dicukupi oleh donor dari keluarga atau kerabat pasien.
  2. Donor Sukarela adalah orang yang memberikan darah, plasma atau komponen darah lainnya atas kerelaan mereka sendiri dan tidak menerima uang atau bentuk pembayaran lainnya. Motivasi utama mereka adalah membantu penerima darah yang tidak mereka kenal dan tidak untuk menerima sesuatu keuntungan.

Syarat-syarat Calon Donor Darah

  1. Umur 17 – 60 tahun
  2. Berat badan 50 kg atau lebih
  3. Kadar Hemogblin 12,5 g/dl atau lebih
  4. Tekanan darah 120/140/80 – 100 mmHg
  5. Nadi 50-100/menit teratur
  6. Tidak berpenyakit jantung, hati, paru-paru, ginjal, kencing manis, penyakit perdarahan, kejang, kanker, penyakit kulit kronis.
  7. Tidak hamil, menyusui, menstruasi (bagi wanita
  8. Bagi donor tetap, penyumbangan 5 (lima) kali setahun
  9. Kulit lengan donor sehat.
  10. Tidak menerima transfusi darah/komponen darah 6 bulan terakhir.
  11. Tidak menderita penyakit infeksi ; malaria, hepatitis, HIV/
  12. Bukan pencandu alkohol/narkoba
  13. Tidak mendapat imunisasi dalam 2/4 bulan terakhir.
  14. Beritahu Petugas bila makan aspirin dalam 3 hari terakhir.

Proses Transfusi Darah
1. Pengisian Formulir Donor Darah.
2. Pemeriksaan Darah : Pemeriksaan golongan, tekanan darah dan hemoglobin darah..
3. Pengambilan Darah : Apabila persyaratan pengambilan darah telah dipenuhi barulah dilakukan pengambilan darah.
4. Pengelolahan Darah : Beberapa usaha pencegahan yang di kerjakan oleh PMI sebelum darah diberikan kepada penderita adalah penyaringan terhadap penyakit di antaranya :
a. Penyakit Hepatitis B
b. Penyakit HIV/AIDS
c. Penyakit Hipatitis C
d. Penyakit Kelamin (VDRL)
Waktu yang di butuhkan pemeriksaan darah selama 1-2 jam
5. Penyimpanan Darah
Darah disimpan dalam Blood Bank pada suhu 26 derajat celcius. Darah ini dapat dipisahkan menjadi beberapa komponen seperti : PRC, Thrombocyt, Plasma, Cryo precipitat

Manfaat Donor Darah
1. Dapat mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya.
2. Anda secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi Donor/tiap 3 bulan sekali ) yang meliputi :
Tekanan Darah, Nadi, dan Suhu
Tinggi Badan, Berat Badan (Body Mass Index)
Haemoglobine, Penyakit Dalam
Penyakit Hipatitis B dan Hipatitis C
Penyakit HIV/AIDS
3. Sekali menjadi Donor dapat menolong/menyelamatkan 3 orang pasien yang berbeda.
4. Darah anda dapat menyelamatkan jiwa orang lain secara langsung.
5. Pendonor yang secara teratur Mendonorkan Darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung sebesar 30 % (British Journal Heart) seperti serangan jantung Koroner dan Stroke.

Pengambilan Darah
1. Oleh petugas yang berwenang.
2. Menggunakan peralatan sekali pakai.
3. 250-350 ml, tergantung berat badan.
4. Mengikuti Prosedur Kerja Standar.
5. Informed Consent : Darah diperiksa terhadap IMLTD (Infeksi Menular Lewat Transfusi Darah) ; Hepatitis B, Hepatitis C, HIV, Sifilis).

Tujuan Transfusi Darah

  • Memelihara dan mempertahankan kesehatan donor.
  • Memelihara keadaan biologis darah atau komponen – komponennya agar tetap bermanfaat.
  • Memelihara dan mempertahankan volume darah yang normal pada peredaran darah (stabilitas peredaran darah).
  • Mengganti kekurangan komponen seluler atau kimia darah.
  • Meningkatkan oksigenasi jaringan.
  • Memperbaiki fungsi Hemostatis.
  • Tindakan terapi kasus tertentu.

Hukum Transfusi Darah

Kalau kita membuka lembaran Al-Qur’an dan Hadits, tidak ditemukan satu nash yang menjelaskan hukum donor darah. Jika demikian halnya, maka cara yang harus ditempuh untuk mendapatkan kejelasan hukumnya harus dilakukan ijtihad yang dilakukan secara jama’i (kolektif). Karena masalah donor berhubungan dengan kesehatan, maka tidak cukup ulama saja tapi juga dibutuhkan bidang ilmu kedokteran sehingga tidak terjadi hal yang dapat mengancam kesehatan si donor dan resepien.

Menyumbangkan darahnya kepada seseorang yang membutuhkan adalah pekerjaan kemanusiaan yang sangat mulia. Karena dengan mendonorkan sebagian darahnya berarti seseorang telah memberikan pertolongan kepada orang lain, sehingga seseorang selamat dari ancaman yang membawa kepada kematian. Maka tidaklah salah jika orang Islam menyumbangkan darahnya kepada orang beragama non-Islam yang sangat membutuhkan darahnya. Karena menyumbangkan darahnya dengan ikhlas kepada siapa saja termasuk amal kemanusiaan yang amat dianjurkan oleh Islam. Seperti halnya orang memberi makan kepada orang lapar yang terancam akan mati. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 32; Artinya: “Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”. (QS. Al-Maidah ayat 32).

Setelah diteliti, ternyata dalam Al-Qur’an tidak ada ayat dan Hadits yang secara jelas melarang memberikan donor darah kepada orang yang membutuhkan. Maka kebolehan donor darah itu sejalan dengan kaidah Ushul Fiqh yang artinya: “Pada asalnya hukum sesuatu itu tidak boleh sebelum ada dalil yang mengharamkannya”.

Dilihat dari urgensinya, donor darah dalam hukum Islam tidak lepas dari unsur kemashlahatan yang bersifat dharury, yaiu menyelamatkan jiwa manusia dalam keadaan darurat. Sebab jika tidak menggunakan sesuatu yang diharamkan, yaitu darah (benda najis), maka seseorang akan meninggal. Dalam hal ini, orang sakit yang kekurangan darah harus dibantu dengan donor darah.

Kaidah “Bahaya tidak boleh dihilangan dengan bahaya yang lain”. memberikan ketentuan hukum bahwa donor darah diperbolehkan jika dengan mendonorkan darahnya itu tidak membahayakan pihak pendonor. Tapi jika membawa bahaya atau mengancam keselamatan pihak donor, maka haram bagi seseorang untuk mendonorkan darahnya. Oleh krena itu, perlu ketelitian dari pihak medis. Kaidah Ushul Fiqh mengatakan: “Sesuatu yang diperbolehkan karena terpaksa harus disesuaikan dengan kadar dibutuhkannya”.

Dalam hal ini donor darah yang diberikan hanya sebatas untuk keperluan menolong resepien yang membutuhkannya. Maka selain itu, mengalirkan darah diluar alasan darurat, seperti marus yang untuk diminum, maka menjual dan meminumnya hukumnya haram.

Sumber : Tersedia di http://www.tempatshare.com/2012/01/info-kesehatan-manfaat-donor-darah-bagi.html#ixzz1r4VLbARM

 

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

  1. Membantu penurunan berat tubuh

Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

  1. Mendapatkan kesehatan psikologis

Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

  1. Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.

Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. Jadi jangan tunggu lama lagi, ayo… saatnya donor darah!

( Sumber: http://jelajahunik.blogspot.com )

Oya ada foto narsis aku nih pas lagi donor darah, hhii biar eksisss.. Ini pas bulan Mei tahun 2013

IMG07548-20130511-1401

 
Leave a comment

Posted by on January 16, 2015 in Uncategorized

 

Teknologi Pembelajaran PLS “Film Pendek”

Waktu semester enam, ada salah satu mata kuliah yaitu “Teknologi Pembelajaran PLS” yang tugas akhirnya kami mahasiswa PLS diharuskan membuat satu contoh bentuk teknologi pembelajaran dengan tema masa kini.

Berdasarkan definisi AECT mengenai teknologi pendidikan pada tahun 2004, yaitu:

Teknologi pendidikan adalah studi dan praktek etis dalam upaya memfasilitasi pembelajaran dengan cara menciptakan, memanfaatkan, mengelola proses dan sumber-sumber teknologi yang tepat, jelas, tujuan utamanya untuk memfasilitasi pembelajaran agar efektif, efisien, menarik dan meningkatkan kinerja. [online] tersedia: http://munirahlegiyanti.blogspot.com/2011/10/definisi-teknologi-pendidikan.html

Tugas akhir ini perkelompok, dengan anggota kelompok minimal dan maksimal tiga orang, jadi ya cuma tiga orang, ga kurang ga lebih. Dari sekian puluh jenis teknologi pembelajaran, kelompok aku kebagian “film pendek”. Oh my god,,pertama dapet sih aku seneng, soalnya bikin film itu seru, sukaaa,, acting nya sih khususnya hhii. Tapiii,,bikin sebuah film walaupun cuma film pendek juga butuh orang banyak ga cukup cuma tiga orang. Dari pemain, sutradara, cameramen, editor, dll. Tapi kami mencoba meyakinkan diri bahwa kami bisa.

Film adalah sebuah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi audio visual yang dibuat berdasarkan sinematogafi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, atau bahan hasil penemuan tekhnologi lainnya dalam segala bentuk dan ukuran melalui kimiawi, proses elektronik dan proses lainnya. Dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukan dan ditayangkan pada sistem proyeksi mekanik, elektronik dan yang lainnya. Film pendek ialah film fiksi termasuk sebuah karya animasi yang memiliki durasi tayang tidak lebih dari 60 menit. Film pendek yang kami buat kurang lebih berdurasi 21 menit, sayangnya aku belum bisa share ke kalian nih video nya soalnya. Padahal pengen banget nge-share videonya, nanti deh kalo aku udah bisa download premium plan, pasti videonya aku share, maklum si aku gaptek sama blog jadi aku Cuma bisa kasih liat salah satu scene saat kami sedang bermain permainan tradisional oray-orayan bersama anak-anak PAUD di PKBM Mina Terampil Mandiri, Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

scene_oray_orayan

Langkah-Langkah Membuat Bahan Ajar Film Pendek

  1. Memilih isu atau permasalahan yang ada di masyarakat.
  2. Menentukan sasaran dari bahan ajar (film pendek) yang kami buat.
  3. Menyusun skenario dari bahan ajar (film pendek) yang kami buat mengenai permainan anak pada jaman dahulu yang sudah tidak dikenal oleh anak pada jaman sekarang dikarenakan kecanggihan teknologi seperti
  4. Pembagian peran/posisi dalam pembuatan film pendek.
  5. Merancang pembiayaan yang dibutuhkan.
  6. Membuat bahan ajar (film pendek) sesuai dengan skenario yang telah disusun.
  7. Proses editing dengan mengurutkan video yang telah direkam sesuai dengan scene yang ada pada skenario dan memasukkan lagu atau back song yang sesuai dengan cerita pada film pendek.
  8. Finishing, memasukkan film pendek yang telah selesai ke dalam CD dengan format yang disesuaikan dan memberikan sampul atau

Latar belakang saya dan teman-teman mengangkat cerita dengan judul “Antara Jaman dan Tradisi” dalam film pendek ini adalah karena mengingat bahwa anak-anak di masa sekarang sudah tidak mengenal permainan-permainan tradisional yang selalu dimainkan oleh anak-anak pada jaman dahulu selepas pulang sekolah. Masih inget ga sih permainan apa aja yang kalian mainkan waktu masih kecil (tahun 90an) ? yaps,, ada petak umpet, congklak, bekel, maen karet (lompat tali), layangan, maen kelereng, maen gambar, rumah-rumahan, kalo di Sunda ada maen gatrik dan oray-orayan, masih banyak deh pokoknya permainan waktu kecil yang semuanya ga memerlukan biaya yang besar, dimainkan sama temen-temen langsung sehingga kita bisa bersosialisasi dan lebih kreatif serta kita bisa tertawa lepas tanpa beban, itulah yang paling menyenangkan saat masih kecil. Berbeda sekali dengan anak di masa sekarang, balita aja udah bisa pake gadget. Kayanya sekarang udah ga pernah liat lagi tuh anak-anak yang main permainan tradisional, mereka sekarang lebih asik sama gadget nya atau pergi ke warnet dan rental play station. Inget loh bahwa gadget ataupun internet bagi anak bisa memberikan dampak negatif juga, perlu adanya pengawasan dari orang tua dan orang tua harus pintar-pintar mendidik dan memberikan sesuatu dengan mempertimbangkan efek positif dan negatifnya bagi anak.

 
Leave a comment

Posted by on January 12, 2015 in Pendidikan Luar Sekolah

 

Tags:

Kegunaan Bedak Bayi

Waw ternyata bedak bayi ga hanya bisa dipake buat bedakan loh, ada banyak kegunaannya selain membuat kulit bayi terasa lembut dan segar. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menghilangkan bau tak sedap pada sepatu akibat bakteri yang timbul dari keringat pada kaki. Dengan menaburkan bedak pada sepatu kemudian dijemur.
  2. Digunakan sebagai pengganti shampo-an, jika tidak sempat mencuci rambut bisa memakai dry shampo. Caranya hanya menaburkan bedak pada rambut, kemudian sisir rambut dan diiamkan. Bedak tersebut dapat menghilangkan minyak pada rambut.
  3. Menjauhkan semut dari makanan, dengan menaburkan bedak pada daerah makanan yang khususnya bersifat manis.
  4. Buku yang lama apalagi berpuluh-puluh tahun tidak dibuka tentu akan membuat buku menjadi lembab, hal tersebut dapat dihindari dengan menaburkan bedak pada buku.
  5. Menghilangkan noda pada baju yang terkena minyak.
 
Leave a comment

Posted by on January 7, 2015 in tips2

 

Manfaat Air Putih bagi Tubuh

manfaat-air-putih

Setiap orang dianjurkan untuk meminum air putih 8 – 10 gelas perhari. Karena minum air putih selain mencegah dehidrasi, membantu proses pencernaan dan menetralisir racun pada tubuh juga mampu membuat kulit kamu menjadi sehat dan cantik. Berhubungan dengan kulit, ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam, gula dan kafein, terlalu sering membersihkan wajah, kurang tidur, dan juga merokok. Manfaat air bagi kecantikan kulit adalah dapat mencegah kerutan pada kulit karena air dapat menjaga elastisitas kulit. Kandungan air yang cukup pada tubuh membuat bibir tampak lembut, bersih tanpa bintik-bintik hitam, mencegah bibir pecah-pecah, kurang air minum juga dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat semakin banyak.

Tubuh manusia hampir 80 % terdiri dari air, maka konsumsilah air minum yang cukup yaitu 8 – 10 gelas perhari untuk kesehatan kulit dan tubuh, namun jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas yang kamu lakukan, suhu, kelembaban dan faktor lainnya, karena jika berlebihan dapat menyebabkan hiponatremia yaitu ketika natrium dalam darah menjadi terlalu encer.

 
Leave a comment

Posted by on December 9, 2014 in tips2